Manfaat Green Building

Manfaat Green Building – Banyak orang yang beranggapan bahwa konsep green building hanyalah sebuah bangunan mewah yang terlihat bagus, memiliki teknologi canggih dan tidak memiliki manfaat. Bangunan hijau sebenarnya bukan hanya bangunan mewah. Konsep bangunan memiliki banyak keuntungan, terutama bagi lingkungan. Berikut beberapa contoh manfaat green building yang harus Anda ketahui.

  1. Meningkatkan kualitas hidup

Lingkungan yang nyaman sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Bangunan yang dibuat dengan konsep green building pada umumnya dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni bangunan. Mulai dari konsep ruang terbuka untuk menambah cahaya masuk, tanaman hijau untuk meningkatkan kualitas udara, hingga berbagai fitur ergonomis lainnya yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

  1. Hemat sumber daya air

Bangunan ramah lingkungan memperhatikan penggunaan air dan efisiensi. Misalnya, penggunaan toilet dengan sistem vakum dapat menghemat konsumsi air pada bangunan. Dilansir dari website SSWM Toolbox, menggunakan toilet dengan sistem vakum hanya membutuhkan 0,5 hingga 1,5 liter air. Berbeda dengan toilet biasa yang membutuhkan sekitar 6 liter air untuk sekali pakai.

  1. Mengurangi biaya operasional dan biaya pemeliharaan gedung

Salah satu manfaat terbesar dari green building adalah dapat menekan biaya operasional dan pemeliharaan gedung. Bangunan dibuat dengan kualitas yang baik, sehingga kualitasnya dapat tetap baik dalam jangka waktu yang lama.

Green building yang dipasangkan dengan solar panel dapat mengurangi penggunaan energi listrik sebesar 10% per hari, yang tentunya akan berdampak signifikan terhadap biaya operasional bulanan gedung tersebut.

  1. Kurangi jejak karbon Anda dalam langkah-langkah untuk menyelamatkan lingkungan

Seperti yang dinyatakan oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), bangunan menyumbang 30% dari emisi karbon dunia. Bangunan hijau dibangun semaksimal mungkin untuk mengurangi emisi CO2. Dalam konsep ini, bangunan harus memiliki ruang hijau vertikal sebagai bentuk pengurangan polusi udara dan emisi.

  1. Bangunan dapat digunakan dalam waktu yang lama

Dengan menggunakan bahan bangunan yang berkualitas, bangunan akan bertahan lebih lama dan lebih tahan terhadap perubahan yang menyertainya. Beberapa bangunan hijau juga diterapkan agar bangunan dapat terus berkembang, seperti rumah tumbuh.

Leave a Reply