5 Tips Jitu Memilih Developer – Memiliki rumah sendiri adalah dambaan setiap orang. Apalagi bagi Anda yang sudah berkeluarga atau yang baru ingin membangun rumah tangga. Memiliki rumah sendiri sebagai tempat tinggal bersama orang tersayang pasti menjadi impian Anda.

Karena di rumah semua cerita atau waktu bersama keluarga muncul. Dan jika Anda lelah dari pekerjaan atau kesibukan, rumah jelas merupakan tempat yang cocok dan nyaman untuk melepas lelah.

Anda pasti akan disambut dengan senyum dari orang yang Anda cintai. Tentu rasa lelah itu langsung hilang.

Di era modern seperti sekarang ini, memiliki rumah bukanlah hal yang mudah. Tak peduli harga tanah yang terus naik setiap tahunnya. 

Populasi manusia  terus meningkat setiap tahun. Setiap orang membutuhkan tempat tinggal. Maka jangan heran jika lahan kosong sulit ditemukan. Kalaupun ada, harganya cukup untuk merogoh kocek Anda. Berapapun biaya lainnya, termasuk biaya membangun rumah, pasti agak sulit bagi Anda yang ingin membangun rumah impian dari nol.

Bagaimana Anda bisa memiliki rumah murah sendiri ? Anda dapat menghubungi pihak developer properti.

Anda hanya perlu memesan, membayar, mengatur dokumen dan akhirnya Anda dapat mengambil tempat tinggal yang ditawarkan oleh developer. Praktis dan mudah bukan ?

Dengan bantuan developer ini, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan harga tanah dan perumahan. Karena jasa developer real estate telah menyiapkan segalanya untuk Anda.

Anda hanya perlu melakukan beberapa hal tentang persyaratan dan lebih banyak lagi dengan layanan pengembang. Nanti anda bisa langsung menempati rumah baru. Nah… rumah impian Anda pasti lebih mudah diwujudkan dengan layanan developer ini, bukan?

5 Tips Jitu Memilih Developer :

Periksa dan Verifikasi Reputasi Developer

Tips Memilih developer Sebelum Membeli Rumah Langkah pertama adalah memeriksa dan memverifikasi reputasi developer yang Anda pilih. Karena reputasi developer sangat penting untuk menentukan keaslian dan legalitas properti yang akan dijual.

Jangan sampai terjadi, rumah belum jadi, tapi sudah dibayar, bahkan hilang dengan uang yang diambil. Pasti nggak mau kan, kapan itu terjadi? Cara mengukur reputasi developer bisa dengan melihat kelengkapan perizinan developer dan legalitas lainnya.

Pastikan Sertifikat Perumahan Anda Jelas

Tips kedua untuk memilih developer adalah memastikan sertifikat rumah Anda jelas. Artinya, terutama saat membeli rumah menggunakan jasa developer, sertifikat rumah masih atas nama developer sendiri.

Jangan khawatir, karena ini membutuhkan proses, yang membutuhkan waktu untuk mentransfer kepemilikan kepada Anda. Jadi jangan lupa untuk bertanya sebelum sertifikat akan di transfer atas nama Anda. Hal ini biasanya disebutkan dalam perjanjian jual beli.

Jangan Membayar DP Sebelum Proses Disetujui

Tips selanjutnya adalah jangan membayar uang sampai hipotek disetujui oleh bank. Bahkan jika pengembang telah bekerja dengan bank tempat Anda mengajukan hipotek, apakah tidak ada jaminan bahwa hipotek akan disetujui oleh bank? Oleh karena itu, jangan membayar deposit sebelum disetujui. Jangan jadi pihak yang kalah.

Hindari Transaksi Pribadi

Perlu diingat Anda belum pernah melakukan transaksi seperti ini. Mengapa? Anda tentu tidak ingin mengalami kerugian nantinya? Karena melakukan perdagangan ini terlalu berbahaya untuk menimbulkan kerugian. Jadi cobalah untuk melakukan perdagangan sesuai prosedur.

Segera urus AJB, SHM dan IMB setelah rumah jadi

Tips terakhir adalah segera mengurus AJB, SHM dan IMB begitu rumah selesai dibangun. Jangan ditangkap. Karena surat ini penting sebagai penegasan apakah rumah tersebut benar-benar milik Anda dan telah mendapat izin dari pemerintah. Hal ini harus dilakukan dengan cepat agar tidak menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa tips memilih developer sebelum membeli rumah. Pastikan developer yang Anda pilih memiliki asal yang jelas. Jangan tertidur dengan kata manis dari pengembang, Anda akan kehilangan diri sendiri.

Demikianlah 5 tips jitu memilih developer sebelum anda membeli rumah properti, semoga bermanfaat!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami