Mendefinisikan Lingkungan Hidup – Lingkungan adalah istilah luas yang dapat berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Bagi sebagian orang, itu mungkin hanya udara di sekitar mereka, sedangkan bagi yang lain mungkin mencakup seluruh alam. Pengertian lingkungan tergantung dari sudut pandang seseorang.

Dari sudut pandang ilmiah, lingkungan adalah segala sesuatu yang mengelilingi suatu organisme dan berinteraksi dengannya. Ini termasuk faktor fisik dan kimia. Faktor fisik mungkin termasuk hal-hal seperti suhu, cahaya, dan air, sedangkan faktor kimia mungkin termasuk hal-hal seperti kadar karbon dioksida dan oksigen.

Lingkungan juga berperan dalam membentuk evolusi suatu organisme. Organisme yang paling cocok dengan lingkungannya lebih mungkin untuk bertahan hidup dan bereproduksi daripada organisme yang tidak cocok. Ini berarti bahwa seiring waktu, komposisi suatu ekosistem dapat berubah karena spesies tertentu menjadi lebih atau kurang umum.

Sejarah Gerakan Lingkungan

Gerakan lingkungan hidup kembali ke abad ke-19, ketika orang pertama kali mulai menyuarakan keprihatinan tentang dampak aktivitas manusia terhadap alam. Gerakan ini mendapatkan momentumnya pada tahun 1960-an dan 1970-an, karena semakin banyak orang yang menyadari polusi dan limbah yang dihasilkan oleh masyarakat industri. Saat ini, gerakan lingkungan bersifat global, dengan jutaan orang bekerja untuk melindungi planet ini dari kerusakan lebih lanjut.

Gerakan lingkungan berakar pada masa-masa awal revolusi industri, ketika orang pertama kali mulai menyadari dampak negatif aktivitas manusia terhadap alam. Di Inggris abad ke-18, misalnya, penulis seperti William Blake dan John Ruskin memperingatkan bahaya polusi dan penggundulan hutan. Di Amerika, pemikir seperti Ralph Waldo Emerson dan Henry David Thoreau menulis tentang perlunya menghargai alam. Masalah lingkungan hari ini: polusi plastik, perubahan iklim, dll.

Cara menjadi lebih ramah lingkungan: kurangi, gunakan kembali, daur ulang

Kurangi, gunakan kembali, daur ulang – ketiga tindakan ini dapat membantu Anda menghemat uang dan menghemat sumber daya. Dengan mengurangi jumlah barang yang Anda gunakan, menggunakan kembali apa yang Anda bisa, dan mendaur ulang apa yang tidak dapat Anda gunakan kembali, Anda dapat memberi dampak besar pada lingkungan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai:

Mengurangi:

  • Beli dalam jumlah besar untuk mengurangi limbah kemasan.
  • Bawalah tas Anda sendiri ke toko.
  • Hindari barang sekali pakai seperti sedotan dan botol air.

Penggunaan kembali:

  • Berbelanja di toko barang bekas atau toko konsinyasi.
  • Perbaiki item daripada membeli yang baru.
  • Gunakan wadah yang dapat digunakan kembali untuk makanan dan penyimpanan.

Daur ulang: • Daur ulang kertas, plastik, kaca, dan logam.

Pentingnya Mengambil Tindakan

Waktu untuk mengambil tindakan terhadap perubahan iklim adalah sekarang. Komunitas ilmiah telah memahami dengan jelas bahwa jendela peluang untuk membuat perubahan yang berarti akan segera tertutup.

Laporan terbaru Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) menemukan bahwa kita hanya memiliki waktu 12 tahun untuk mengambil tindakan untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5°C, di luar itu dampak perubahan iklim akan menjadi bencana besar dan tidak dapat diubah.

Terlepas dari urgensi ini, pemerintah di seluruh dunia tidak berbuat cukup banyak untuk mengatasi masalah ini. Emisi terus meningkat, dan kami tidak berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris. Ini sangat memprihatinkan, tetapi ini juga merupakan kesempatan bagi manusia biasa untuk maju dan menuntut tindakan dari para pemimpin mereka.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi emisi dan memperlambat perubahan iklim, tetapi penting bagi kita untuk bertindak sekarang.

Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami?