Salah satu impian yang dikejar oleh banyak orang adalah memiliki hunian sendiri. Namun tidak mudah untuk mewujudkannya, terlebih harga hunian memang tidak murah. Bagaimana kondisi atau tanda bahwa Anda sudah siap beli rumah pertama? Selengkapnya, Anda bisa membacanya dalam ulasan berikut ini.

Tanda Finansial Anda Sudah Siap untuk Membeli Rumah Pertama

Berikut ini beberapa hal yang menandakan bahwa Anda sudah siap untuk membeli rumah pertama.

  • Tabungan yang cukup untuk uang muka

Dana yang perlu disiapkan untuk uang muka pembelian rumah biasanya memang cukup besar, sehingga menjadi kendala untuk banyak orang. Besar uang muka ini bervariasi, bisa 20% dariharga tanah dan bangunannya. Namun ada juga yang memberi persyaratan uang muka 6-8%.

Kalau dana tabungan rumah Anda sudah mencukupi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengajukan KPR. Sebelum harganya semakin tinggi, sebaiknya ajukan KPR ke bank. Namun, jika target itu belum tercapai juga, Anda mungkin bisa mengubah target rumah yang akan dibeli.

  • Bagusnya penilaian kredit bank

Hal lain yang mempengaruhi kesiapan Anda dalam membeli rumah adalah bagusnya nilai kredit di bank yang sebelumnya diambil. Nilai kredit yang semakin tinggi membuat Anda semakin siap untuk mendapatkan hunian pertama.

Nilai tersebut nantinya akan digunakan oleh bank untuk mempertimbangkan pengajuan KPR. Biasanya bank tidak akan menyetujui jika nilai kredit Anda rendah, terlebih kalau masih bahkan ada utang yang belum selesai. Pemaksaan akan hal-hal tersebut bisa saja menimbulkan kredit macet di masa mendatang. Jadi sebelum pengajuan itu, Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan pihak bank terkait nilai kredit Anda.

  • Mempunyai tabungan selain untuk tabungan beli rumah

Meski Anda berusaha sangat keras untuk bisa membeli rumah, pastikan Anda masih memiliki simpanan untuk keperluan lainnya. Terlebih lagi, saat membeli rumah, Anda tidak hanya membayar harga rumah, melainkan juga biaya balik nama, cek sertifikat, notaris, dan lainnya.

Setelah membeli rumah, Anda tentu masih membutuhkan uang untuk kehidupan sehari-hari, bukan? Anda juga masih memerlukan dana tak terduga untuk kondisi darurat yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

  • Memperoleh pinjaman yang menguntungan

Sebelum memutuskan bank mana tempat untuk mengajukan KPR, Anda tentu perlu melakukan survei ke beberapa bank. Bandingkan persyaratan pinjaman, uang muka, jenis suku bunga, dan jenis pinjaman yang ditawarkan.

Pahami setiap kelebihan dan kekurangan dari berbagai produk yang ditawarkan tersebut. Anda juga bisa mempelajari nilai suku bunga yang diberlakukan oleh BI sebagai salah satu pertimbangan.

Kalau dana Anda sudah tersedia, suku bunga turun, Anda bisa langsung beli rumah pertama yang Anda impikan. Beli rumah pertamamu di Serpong Green Paradise. Dengan kelebihan dekat stasiun Parung Panjang, lokasi yang ramai penduduk dan Fasilitas yang sangat lengkap di Perumahan. Klik disini untuk ke halaman project kami.