Ketika memutuskan mengajukan KPR ke bank, Anda harus memastikan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi sehingga pengajuan kredit diterima. Ada begitu banyak persyaratan untuk memperoleh pembiayaan bank dalam membeli rumah. Hal ini membuat kredit yang diajukan ditolak oleh bank tersebut. Ketahui beberapa penyebab KPR ditolak di tulisan ini.

Menurut Dewi Damajanti Widjaja (Maya) yang merupakan Head Mortgage Bank Permata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengajuan kredit tidak ditolak oleh bank. Hal tersebut dimulai dari status produk yang ingin dibeli, kelengkapan dokumen, hingga riwayat sejarah kredit kita.

Beberapa hal yang membuat pengajuan kredit pembiayaan perumahan ditolak bank, antara lain sebagai berikut.

Pertama, status rumah. Anda harus memastikan bahwa rumah dibeli statusnya jelas dan tanpa masalah. Kalaupun Anda membeli rumah seken, perlu dipastikan bahwa tidak ada surat kepemilikan ganda.

Untuk rumah seken, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu persetujuan antara para ahli warisnya. Jangan sampai, ada keributan antara Anda sebagai pemilik rumah dengan ahli waris. Jika hal itu terjadi, bank akan sulit utuk memberikan pembiayaan karena kejelasan siapa yang berhak mewakili keluarga atas rumah tersebut belum ada. Jadi sebaiknya hindari rumah-rumah yang sedang disengketakan.

Kedua, kelengkapan dokumen untuk pengajuan. Sebagai pihak yang akan membiayai rumah, tentunya bank berpegang pada surat-surat yang berkekuatan hukum. Oleh karena itu, seluruh dokumen akan diminta kelengkapannya. Kalau tidak lengkap, kemungkinan KPR ditolak sangatlah besar.

Dokumen penting yang perlu disiapkan, antara lain sertifikat hak milik (SHM) dan sertifikat hak guna bangunan (SHGB) atau sertifikat hak pakai (SHP). Selain itu, harus disiapkan juga akta jual-beli, surat PBB, sertifikat IMB, dan bukti pembayaran tagihan.

Ketiga, status pengembang. Ketika mengajukann KPR, pilihlah pengembang yang bekerja sama dengan bank. Hal tersebut akan mempercepat proses pengajuan kredit Anda disetujui oleh pihak bank.

Keempat, kualitas kredit. Anda juga perlu memperhatikan kualitas kredit Anda sebelumnya. Biasanya bank akan melakukan pengecekan kualitas kredit calon nasabah yang terdaftar di OJK. Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi agar KPR diterima oleh bank adalah ketepatan pembayaran berbagai angsuran.

Kelima, kemampuan membayar angsuran KPR. Tentunya bank akan menilai apakah nasabah tersebut mampu membayar KPR atau tidak. Bank akan melihat jumlah tabungan untuk cadangan pembayaran dan hal lain. Bila kondisi keuangan Anda kurang bagus, itu bisa menyebabkan bank menolak pengajuan kredit.

Tidak kalah penting dari penyebab KPR ditolak ini, Anda perlu memikirkan strategi dan manajemen keuangan jangka panjang dalam membeli rumah. Jadi pastikan kondisi finansial sudah baik sebelum membeli rumah. 

Kunjungi perumahan kami yang saat ini sedang ada promo, DP Bisa Dicicil. Dengan lokasi yang strategis dekat stasiun Parung Panjang. Hubungi marketing kami disini, atau melalui nomor Whatsapp yang tertera di Home.