Bila membicarakan terkait properti, tentu tidak lepas dari peran pengembang atau developer. Pengembang inilah yang bisa dikatakan memegang “nasib” calon hunian Anda. Oleh karena itu, Anda sebagai konsumen perlu sangat berhati-hati dalam memilih developer. Sebelum memilih developer, cob abaca dulu ulasan mengenai developer properti terpercaya di Indonesia berikut ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Memilih Developer 

Langkah awal untuk memilih developer terpercaya sebenarnya tidak sulit. Anda bisa mencari review terkait pengembang tersebut lebih dulu. Anda bisa mencarinya di situs-situs properti, misalnya. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih developer.

1. Kredibilitas developer

Karena pengembang yang nantinya akan melakukan berbagai urusan untuk rumah Anda, maka penting sekali untuk memperhatikan kredibilitasnya. Bukan hanya itu, kredibilitas perusahaan juga semakin penting dalam situasi pascaregulasi. Jadi akan lebih aman kalau yang Anda pilih adalah developer yang sudah go public.

Pengembang yang sudah go public biasanya tidak terlalu terpengaruh regulasi perbankan, karena memiliki banyak alternatif sumber dana. Dengan demikian, hal ini bisa meminimalisir risiko keterlambatan pembangunan rumah.

2. Legalitas developer

Anda perlu memastikan bahwa tanah tempat rumah tersebut sudah memiliki sertifikat induk. Anda bisa menanyakan itu kepada pengembang. Kalau sertifikatnya diagunkan ke bank untuk keperluan proyek, Anda bisa menanyakan Akta Pemberian Hak Tanggungan dan Sertifikat Hak Tanggungan.

Akan tetapi, apabila legalitas tanah perumahan masih berupa izin lokasi, hal itu memiliki risiko yang tinggi. Jadi pastikan Anda menanyakan dulu sertifikat induk tanah tersebut ya.

3. Komitmen dari developer

Setelah mengecek dua hal di atas, Anda juga perlu mengecek komitmen dari developer. Jika saat promosi pengembang menawarkan berbagai fasilitas, sebaiknya dikonfirmasikan apakah fasilitas itu memang terealisasi.

Rekomendasi Pengembang Terbaik di Indonesia

Di Indonesia juga ada banyak pengembang yang kredibel dan terpercaya. Berikut ini ada sepuluh pengembang properti terbaik di Indonesia yang juga meraih penghargaan BCI Asia Top 10 Awards 2019.  Penghargaan ini didasarkan pada nilai agregat proyek terbesar yang sedang dibangun selama satu tahun. Daftar 10 developer penerima penghargaan tersebut, antara lain:

  • PT Adhi Commuter Properti 
  • PT Ciputra Development 
  • Tbk PT Astra Land Indonesia 
  • PT Pakuwon Jati Tbk PT Wijaya Karya Realty 
  • PT Summarecon Agung Tbk 
  • PT PP Properti Tbk Sinarmas Land 
  • PT Waskita Karya Realty
  • PT Samaraland

Jadi kalau Anda mencari developer properti terpercaya di Indonesia, ke-sepuluh pengembang di atas mungkin bisa menjadi pilihan.