Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai rumah subsidi dan komersil. Kedua jenis rumah tersebut tentu memiliki perbedaan. Singkatnya, rumah komersil dibangun oleh pengembang dan bentuknya tampak seragam. Sedangkan rumah subsidi dibuat oleh pemerintah yang bekerja sama dengan pihak bank untuk masyarakat. Selengkapnya mengenai perbedaan rumah subsidi dan komersil dibahas di ulasan ini.

Beberapa Perbedaan Rumah Komersil dan Subsidi

perbedaan rumah subsidi dan komersil

Kedua rumah ini sebenarnya sama-sama dibangun oleh pihak pengembang, ada beberapa perbedaan yang dimiliki. Berikut selengkapnya mengenai perbedaan kedua bangunan tersebut.

  • Bangunannya

Rumah komersil biasanya lebih luas dibandingkan dengan rumah subsidi. Kebanyakan rumah subsidi memiliki luas tidak lebih dari 33 m2, sementara luas rumah komersil lebih dari itu. Bukan hanya luas, kualitas bangunan juga sangat berbeda. Rumah subsidi biasanya dibuat dari bahan bangunan sekedarnya, sehingga diperlukan renovasi tambahan agar layak huni. Berbeda dengan rumah komersil, dengan bahan bangunan lebih baik sehingga siap huni.

  • Harganya

Karena kualitas bangunan berbeda, pasti harganya juga berbeda. Harga rumah subsidi mungkin hanya kisaran 100 juta rupiah, dan dapat dicicil. Harga yang murah tersebut karena adanya kerja sama pemerintah dengan pihak bank untuk memberikan subsidi pada rumah tersebut. Berbeda dengan rumah komersil yang biasanya memiliki harga jauh lebih tinggi. Biasanya harga rumah komersil dimulai dari sekitar 400 juta rupiah, disesuaikan dengan tipe rumah.

  • Peruntukannya

Dari dua perbedaan sebelumnya, Anda tentu sudah bisa mengerti bahwa peruntukan kedua rumah ini berbeda. Karena harganya murah, rumah subsidi memang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan tidak terlalu tinggi. Sedangkan rumah komersil dengan harga cukup mahal memang ditujukan untuk masyarakat yang memiliki penghasilan cukup tinggi.

Rumah subsidi memang menjadi solusi untuk mereka yang ingin memiliki hunian, namun keuangan terbatas. Namun jika keuangan Anda memadai, lebih baik sekalian membeli rumah komersil. Sampai sini dulu ya ulasan mengenai perbedaan rumah subsidi dan komersil.

Jika berminat dengan perumahan komersil kami di Parung Panjang, Lokasi dekat dengan stasiun KRL. Hubungi Marketing Kami.