Dalam banyak proses jual beli, termasuk jual beli rumah, jasa notaris sangat diperlukan. Tugas notaris dalam proses itu, meliputi pembuatan perjanjian dan akta jual beli, perjanjian kredit, dam balik nama sertifikat tanah. Namun sebenarnya berapa biaya notaris jual beli rumah?

Biaya Notaris untuk Proses Jual-Beli

Ketentuan mengenai biaya atau honorarium notaris tidak sembarangan. Hal itu diatur oleh Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris pada pasal 36. Penetapan biaya pembuatan akta oleh notaris didasarkan pada nilai ekonomis dan sosial dari setiap akta. 

Terkait dengan nilai ekonomis, berikut rinciannya.

  • Untuk objek yang bernilai sampai dengan Rp100.000.000 atau ekuivalen gram emas ketika itu, honorarium yang notaris terima maksimal 2,5%.
  • Untuk objek yang bernilai lebih dari Rp100.000.000 sampai maksimal Rp1.000.000.000, honorariumnya tidak lebih dari 1,5%.
  • Untuk objek yang bernilai lebih dari Rp1.000.000.000, honorarium yang diterima disesuaikan dengan kesepakatan antara notaris dengan pihak terkait, namun tidak lebih dari 1% harga objek. 

Terkait dengan proses jual beli tanah atau rumah, biaya notaris terhitung sebagai nilai ekonomis. Dalam proses jual beli rumah, tugas notaris meliputi validasi pajak, pengecekan sertifikat, biaya balik nama, dan pembuatan Akta Jual Beli.

Kalau rumah yang dibeli melalui KPR, notaris juga dibutuhkan untuk membuat biaya perjanjian kredit, akta pembebanan hak tanggungan, surat kuasa membebankan hak tanggungan, dan peningkatan HGB ke SHM. 

Jika didasarkan nilai sosial, honorarium notaris ditentukan berdasarkan fungsi sosial objek dari setiap akta tersebut. Masih dari pasal 36 UUJN, honorarium paling besar yang bisa diterima adalah Rp5.000.000. 

Perlu diketahui bahwa biaya notaris itu baru akan dihitung saat proses pembuatan akta mulai dijalankan. Jadi kalau Anda mau berkonsultasi terlebih dahulu, tidak akan ada biaya yang dibebankan.

Nah sekarang sudah tahu kan biaya notaris jual beli rumah? Jadi jangan ragu-ragu lagi untuk mengurus dokumen rumah Anda kepada ahlinya ya.

Jangan lupa untuk beli rumah mewah dan harganya yang terjangkau yaitu di Serpong Green Paradise. Untuk lihat unit selengkapnya disini.