Tips Memilih KPR – Memiliki Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hampir sama rumitnya seperti saat anda menentukan pilihan rumah yang akan dibeli. saat ini hampir semua bank menawarkan fasilitas KPR termasuk juga promo menarik, mulai dari bunga rendah hingga hadiah fantastis yang membuat Anda tergoda. Meskipun demikian di sarankan Anda untuk super hati-hati dan teliti. 

Jika anda memilih KPR untuk rumah idaman, mau tidak mau anda harus menjalani tenor cicilan yang sudah disetujui sampai puluhan tahun.

Jadi sebelum memilih, sebaiknya anda mengetahui beberapa tips penting di bawah ini:

1. Hitung Berapa Cicilan PerBulan

Ketika anda mengajukan KPR ke bank atau lembaga keuangan lainnya, berbagai paket pilihan kpr akan dihadapkan kepada kita.

Kemampuan finansial pun menjadi pengaruh yang sangat besar pada periode waktu cicilan dan bunga pinjaman.

Jadi sangat penting untuk menghitung simulasi KPR untuk mengetahui berapa cicilan per bulan serta bunga yang harus dibayar.

2. Lihat Spesifikasi Rumah

Apalah artinya rumah besar, halaman yang luas, di dalam kota dan strategis jika harus mencekik leher anda juga menguras isi dompet anda. Bijaklah dalam memilih tipe rumah yang akan dibeli oleh anda. 

Pasalnya keuangan yang anda miliki tidak hanya dikeluarkan untuk mencicil biaya KPR tiap bulan. Rumah yang lokasinya di pinggiran kota pun tidaklah buruk asalkan bisa dipakai untuk tempat berteduh dari panas dan hujan.

3. Hitung Suku Bunga

Untuk memastikan kemampuan anda dalam membayar angsuran KPR setiap bulannya, anda perlu menanyakan berapa suku bunga yang berlaku serta nominal angsuran bulanan yang dikenakan berdasarkan suku bunga yang berlaku.

4. Pelajari Fitur dan Ketentuan Setiap Pilihan KPR

Setiap KPR menawarkan fitur dan juga aturan yang berbeda-beda. Terkait fitur yang ditawarkan oleh KPR, terdapat beberapa istilah umum yang perlu dipelajari, antara lain suku bunga fixed, suku bunga floating, tenor kredit, uang muka, biaya pre-realisasi KPR, dan lain sebagainya. 

5. Jaringan dan Pelayanan

Biasanya pihak developer atau pengembang perumahan sudah bekerja sama dengan sebuah bank untuk melayani KPR untuk konsumen. Usahakan bank tersebut memiliki jaringan dan pelayanan yang luas, sehingga proses KPR menjadi lebih mudah dan cepat.

Baca Juga : 4 Tips Mengelola Keuangan Sebelum Membeli Rumah Baru

Nah, itulah beberapa tips KPR untuk pembeli rumah baru, jadi jangan sampai salah dalam memilih tempat peminjaman ya.